Semua Gigi Sakit Tiba-tiba, Apa Penyebabnya?

Semua Gigi Sakit Tiba-tiba, Apa Penyebabnya?

Semua Gigi Sakit Tiba-tiba

Hampir seluruh orang tentu pernah merasakan sakit gigi. Bahkan urusan ini terbukti pada survei oleh American Family Physician yang mendapati bahwa 22% orang dewasa pernah menikmati sakit di gigi, gusi atau rahang dalam 6 bulan terakhir. Walaupun seringkali tidak memunculkan masalah serius, rasa sakit pada gigi yang tiba-tiba tetap tidak dapat diabaikan.

Gigi sensitif dapat merangsang gigi sakit tiba-tiba
Sakit gigi yang tiba-tiba menyerang tentu paling mengganggu dan tersiksa, lagipula jika kita merasa gigi kita sedang dalam suasana sehat. Kondisi beda yang dapat merangsang rasa sakit pada gigi ialah gigi yang sensitif.

Gigi sensitif merupakan situasi saat lapisan terluar gigi atau enamel mulai menipis. Menipisnya enamel akan menciptakan lapisan tengah mempunyai nama dentin tereskpos. Dentin bermanfaat sebagai pelindung jaringan tubules yang terhubung dengan saraf gigi dan mempunyai sifat sensitif.


Akibatnya, saat lapisan dentin terkena langsung dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi, jaringan tubules bakal memberi stimulasi pada syaraf gigi secara langsung. Proses berikut yang nantinya memunculkan rasa ngilu pada gigi.

Berikut ialah beberapa urusan yang bisa menjadi penyebab sakit gigi tiba-tiba yang kita rasakan.

1. Paparan dengan panas atau dingin yang ekstrim
Penyebab sangat umum yang dapat merangsang sakit gigi ialah makanan dengan suhu yang terlampau panas atau terlampau dingin. Paparan makanan suhu fanatik dengan lapisan dentin akan tentang saraf gigi dan memunculkan rasa sakit.

2. Resesi gusi
Resesi gusi atau gusi surut ialah merosotnya gusi ke bawah sampai-sampai akar gigi terlihat. Kondisi ini dapat menciptakan risiko terpapar penyakit gusi dan infeksi gigi meningkat.

Meski seringkali resesi gusi lebih tidak sedikit terjadi saat menginjak usia lanjut, kelaziman membersihkan gigi yang tidak cukup benar laksana menggosok gigi terlampau keras pun dapat mengakibatkan gusi lebih cepat merosot.

3. Terlalu sering memakai mouthwash
Selama ini tidak sedikit yang mengira berkumur dengan produk mouthwash akan menolong membersihkan gigi dengan sempurna. Walau tidak sepenuhnya salah, pemakaian mouthwash pun dapat menciptakan gigi kita menjadi lebih sensitif.

Beberapa produk mouthwash berisi asam yang dapat menyebabkan lapisan enamel pada gigi menipis. Keadaan ini pasti akan semakin parah andai Anda mempunyai dentin yang sensitif, sakit gigi yang tiba-tiba datang tentu akan melanda.

4. Mengepal dan menggertakan gigi
Pernahkah kita mengepal dan menggeretakkan gigi ketika merasa kesal dan marah? Tidak melulu itu, kelaziman ini pun bisa terjadi secara tidak sengaja saat Anda tertidur. Padahal efeknya tak baik guna gigi Anda.

Perlu diketahui pergesekan antara kedua gigi dampak kebiasaan ini pun dapat mengakibatkan rasa sakit yang datang tiba-tiba sebab dapat mengikis lapisan enamel. Terkadang kelaziman ini pun dapat menciptakan gusi terluka.

5. Memutihkan gigi
Baru mengerjakan perawatan bleaching pada gigi? Bisa jadi formalitas ini ialah penyebab gigi sakit tiba-tiba. Biasanya gigi bakal menjadi lebih sensitif selama 2-3 hari setelah formalitas perawatan. Terkadang gusi pun mengalami iritasi.

Produk laksana strip pemutih gigi dan bleaching gel juga dapat membuat lapisan gigi jadi sensitif.

6. Prosedur perawatan dental
Sakit gigi pun dapat hadir setelah Anda mengerjakan pengeboran dan penambalan gigi yang menciptakan saraf menjadi lebih sensitif. Begitu pun dengan perawatan pembersihan gigi, perawatan drainase akar, pemasangan crown gigi, dan dental restoration.

Gigi sensitif seringkali akan dilangsungkan dalam dua minggu dan menghilang sesudah 4-6 minggu sesudah perawatan.

7. Infeksi sinusitis
Sakit yang kita rasakan pada gigi atas unsur belakang ternyata dapat menjadi penanda infeksi sinusitis. Hal ini dapat terjadi sebab letak gigi dan drainase hidung yang berdekatan. Ketika sinus merasakan peradangan, kepadatan pada drainase hidung akan mengurangi ujung saraf gigi sampai-sampai dapat mengakibatkan rasa sakit yang terjadi tiba-tiba di gigi Anda.

Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon